LIKE FANPAGE SUBJECT 09!

Perang Gombe: Perang Nyata yang Subjeknya (Bukan) Manusia

Sumber: geek.com

Pada tahun 1974-1978 pernah terjadi pertempuran yang sangat aneh di Tanzania, Afrika. Aneh bukan karena persenjataannya, bukan karena taktiknya, bukan pula karena kendaraannya, tetapi aneh karena manusia sama sekali tidak terlibat dalam peperangan ini. Lha kok bisa!? Terus yang berperang itu siapa!? Jawabannya adalah makhluk yang kecerdasannya agak mirip dengan manusia, yakni SIMPANSE.

Kamu mungkin terkejut membaca atau mendengar kabar ini, namun perang ini benar-benar terjadi selama empat tahun di daerah Tanzania. Perang ini terkenal dengan nama Perang Gombe. Kisah ini bahkan diabadikan di dokumenter BBC dan National Geographic, membuktikan bahwa perang ini bukanlah sekadar kisah fiksi belaka.

Penasaran bagaimana kisahnya? Simak baik-baik.

Jadi, ceritanya begini … pada tahun 1974 itu pernah terjadi perseteruan antardua suku simpanse. Yang satu bernama Suku Kahama, yang satu lagi bernama Suku Kasakela. Nama-nama itu disematkan oleh ilmuwan yang bernama Jane Goodall, kami juga tidak tahu pasti kenapa kedua suku simpanse itu dinamai Kahama dan Kasakela. Singkat cerita, terjadilah pembunuhan terhadap salah satu simpanse muda dari Suku Kahama. Setelah insiden tersebut, hubungan kedua suku pun memanas, maka terjadilah perang.

Perang ini terjadi selama empat tahun, makanya juga suka disebut Perang Empat Tahun. Korban yang berjatuhan tidak terlalu banyak, namun mungkin cukup signifikan bagi kelompok simpanse itu sendiri, terutama dari pihak Suku Kahama. Perang tidak menggunakan senjata apa pun, namun umumnya menggunakan cakaran, pukulan, cekikan,  dan gigitan. Jika ada yang mati biasanya akan dimakan. Intinya, walaupun simpanse adalah sebangsa kera, namun mereka sangat brutal ketika sedang berkonflik.

Suku Kahama akhirnya kalah. Mereka dibantai. Suka Kasakela akhirnya dapat menguasai wilayahnya Suku Kahama. Namun, tak berhenti sampai di sana. Setelah terjadi perluasan teritori, Suku Kasakela ternyata berbatasan dengan teritorinya Suku Kalande. Suku Kalande ini ibaratnya seperti superpower, kekuatannya jauh lebih besar daripada Suku Kasakela. Terjadilah perang antarkedua suku tersebut, namun Suku Kasakela tidak dapat mengalahkan kekuatan Suku Kalande yang sangat kuat.

Akhirnya, Suku Kasakela menyerah dan teritori yang semula dimiliki oleh Suku Kahama ditinggalkan begitu saja. Perang pun berakhir.

Jadi, perang ini benar-benar sangat unik. Ternyata yang suka berperang itu bukan cuma manusia, tetapi juga hewan. Kejadian ini direkam dan diteliti oleh Jane Goodall dan diliput oleh beberapa stasiun televisi ternama. Bahkan video-video peperangan simpanse ini dapat ditemukan di Youtube.

Menarik, bukan? Bahkan kera pun berperang. Dunia kita sama sekali tidak pernah luput dari peperangan. Whew.


Mau baca fiksi seru tentang intelijen dan militer Indonesia, nggak? Baca di http://bit.ly/s09-00

One thought on “Perang Gombe: Perang Nyata yang Subjeknya (Bukan) Manusia

  1. Wah, keren banget.. Dan aneh juga, bisa2nya kera berperang..
    Untung saja kera yngberperang, hanya menggunakan pukulan, cakar dan cekikan..
    Kalo manusia mah pake bom nuklir 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Eits, jangan membiasakan diri untuk membajak ya, sayang. _AdminNadia_